Minggu, 29 April 2012

Ayam Goreng Kalasan

Ayam Goreng Kalasan

 Kalasan adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Sleman di Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya di sebelah timur Kota Yogyakarta di antara Prambanan dan bandar udara Adisucipto. Kalasan terkenal karena ayam gorengnya yang sangat lezat. Selain itu, ada juga candi-candi kuno seperti Candi Kalasan dan Candi Sari. Ayam goreng Kalasan memiliki kekhasan karena dimasak dengan santan kelapa sehingga mempunyai rasa yang sangat enak. Ayamnya dari jenis lokal atau biasa disebut sebagai ayam kampung dan dimasak secara utuh. Ayam goreng Kalasan dapat dinikmati di banyak tempat makan di Indonesia maupun di berbagai negara lain. Jika Anda mengunjungi Yogyakarta, sebaiknya tidak lupa mencoba menikmati ayam goreng Kalasan yang dimasak secara tradisional oleh para pembuatnya di daerah Kalasan, terutama di dekat Candi Sari. Harganya tidak mahal dan Anda bisa menikmatinya dengan sambal ayam Kalasan dan minuman buah yang segar.

Ayam Goreng Kalasan
Bahan:
1 ekor ayam (bisa dipotong sesuai selera)
500 ml santan kelapa
1/2 sendok teh soda kue
5 buah bawang putih, haluskan
2 lembar daun salam
1 cm lengkuas, memarkan
garam & gula merah, menurut selera
minyak goreng secukupnya

Cara Membuatnya:
1. Rebus ayam bersama santan kelapa dan bahan lain hingga air hampir habis dan ayam lunak. Tambahkan air bila perlu. Tiriskan dan dinginkan.
2. Goreng ayam dgn minyak banyak dan panas hingga berwarna kuning kecokelatan ( tidak terlalu kering). Angkat. Oleskan sisa kuah kental bekas rebusan ayam supaya tampak mengkilat.

Sambal Ayam Kalasan
bahan:
15 buah cabai merah (buang bijinya)
6 buah bawang merah
2 buah bawang putih
1 buah tomat merah
1/2 sendok teh terasi
garam dan gula, menurut selera.


cara membuatnya:
Rebus cabe merah dan tomat. Kemudian haluskan bersama bahan lainnya. Tumis dengan 5 sendok makan minyak goreng di atas api kecil, lalu masukkan sisa kuah kental bekas rebusan ayam tadi. Masak dengan api kecil hingga matang dan keluar minyak. Angkat dan hidangkan!
Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar